5 Metode Ampuh Cara Mengajari Anak Berhitung


Dari dulu hingga kini banyak orang di Indonesia beranggapan bahwa matematika pelajaran 5 Metode Ampuh Cara Mengajari Anak Berhitung

Dari dulu hingga kini banyak orang di Indonesia beranggapan bahwa matematika pelajaran yang susah. Sehingga tak heran jikalau matematika merupakan nilai terendah yang ditemui dalam raport anaknya. Tapi walaupun sulit, menguasai pelajaran matematika kini bisa di bantu dengan lima metode yang terbukti banyak di gunakan, mak selaku orang renta hendaknya tau sehingga cara mengajari anak berhitung menjadi lebih menyenangkan

Metode Kumon


Metode ini diperkenalkan oleh guru matematika Jepang berjulukan Toru Kumon.  Prinsip dari metode ini pada level awal untuk setiap anak tidak di tentukan menurut usia atau kelas, namun mulai dari tingkat yang bisa ia kerjakan sendiri dengan praktis tanpa ada kesalahan.

Jadwal pertemuan kursus biasanya seminggu 2 kali, setiap kali pertemuan anak akan dibekali lembar kerja yang bisa di bawa pulang untuk dikerjakan di rumah. sehingga, orang renta ikut dilibatkan dikala berguru di rumah.

Tidak perlu khawatir anak akan mendapatkan soal-soal yang sulit dipahaminya. Karena, lembar kerjanya sudah di rancang sesuai dengan level anak, sehingga ia sanggup mengetahui sendiri bagaimana menuntaskan soal-soal tersebut. Selain itu, lembar kerja juga di rancang secara sistematis, cermat dan small steps ( setiap topik bahasan tidak terlalu besar perbedaanya) yang bisa membantu anak membentuk dasar kemampuan matematikanya, sehingga diperlukan anak bisa mengerjakan level yang lebih tinggi dengan kesulitan yang kecil.

Metode Gasing


Metode ini di kembangkan oleh Prof.Yohanes Surya, yang sudah banyak membimbing siswa terbaik Indonesia berlaga di Olimpiade matematika dan Sains tingkat dunia. Berkat bimbingannya banyak siswa-siswa Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat sains Internasional.

Gasing sendiri abreviasi dari gampang, asyik dan menyenangkan. Prof.Yohanes membuat metode ini supaya Matematika sanggup di mengerti oleh siapapun. Prinsip dari metode ini setiap penerima hendaknya memahami konsep matematika sebelum mengerjakan soal-soal latihan matematika.

Bagi mak yang minat dengan metode ini terutama pelajaran SD (kelas 1-6) berikut ini Materi yang di pelajari.


  • Penjumlahan

  • Pengurangan

  • perkalian

  • pembagian

  • bilangan negatif

  • aplikasi 1

  • pecahan

  • Desimal

  • Aplikasi 2

  • Geometri (keliling, luas, skala dan sistem koordinat)

  • Setiap harinya siswa berguru selama 4 jam (baik jadwal ekstra kurikuler atau jadwal khusus). Hasil dari berguru selama 4-6 bulan siswa bisa memahami materi kelas 1 hingga kelas 6.

Metode Jaritmatika


Metode ini di temukan oleh Septi Peni Wulandari pada tahun 2004. Jaritmatika abreviasi dari Jari dan aritmatika. Walaupun hanya memakai jari tangan, namun metode ini sanggup melaksanakan operasi bilangan KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) hingga dengan ribuan.

Metode ini bisa dikatakan cukup sederhana, terutama di ajarkan pada belum dewasa Sekolah Dasar, sebab dalam metode ini proses berguru di awali, di jalankan dan diakhiri dengan gembira. Metode ini menekankan berhitung sesuai dengan kaidah: diawali dengan memahami perihal konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan.


Metode sempoa (Mental Aritmetika)


Mental Aritmatika merupakan metode berhitung yang memakai alat hitung kuno Tiongkok  yang dinamakan sempoa . metode sempoa yang dipakai dikala ini merupakan alat bantu perhitungan manual yang sudah di sempurnakan dan telah diadaptasi dengan kaidah-kaidah Aritmatika sehingga praktis untuk di pahami ditransformasikan ke dalam mental siswa yang memakai metode ini.

Materi yang di ajarkan di Sempoa mencakup Hitungan Penambahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Pada tahap awal siswa diharuskan memakai alat bantu Sempoa, sesudah melewati banyak sekali tahapan nantinya siswa sanggup menghitung dengan cepat tanpa alat bantu apapun.

Metode Mathemagics


Metode ini dirancang dan dikebangkan oleh Ariesandi Setyono. Metode ini memfokuskan pemahaman anak pada konsep dasar matematika yang benar.  Metode ini memakai banyak sekali macam permainan sehingga menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Selama belajar, siswa diajak untuk bergembira, meninggalkan kesan yang mendalam sehingga dari sini anak akan praktis mendapatkan pelajaran yang di sampaikan.

Selama dalam proses belajar, metode ini juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga anak bisa dan berani untuk mengerjakan soal dan mencoba untuk menyelesaikannya secara mandiri.  Materi yang di ajarkan di antaranya aljabar, konsep berhitung dasar (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pangkat, akar, dan pecahan. Hal yang penting dari metode ini yakni memperhatikan aspek prikologis anak. Hal ini bertujuan supaya pelajaran matematika lebih terasa praktis untuk semua anak, dengan memperhatikan gaya berguru mereka masing-masing.

Damikian 5 Metode ampuh cara Mengajari anak berhitung yang bisa mak sesuaikan dengan minat anak.  Semoga salah satu dari metode ini bisa membantu duduk perkara pelajaran matematika disekolah.

 

Belum ada Komentar untuk "5 Metode Ampuh Cara Mengajari Anak Berhitung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel