Tahapan Cara Mengajari Anak Menulis Yang Menyenangkan


 Sebagai orang renta ketika mengajari anak berguru menulis membutuhkan kesabaran dan cara ya Tahapan Cara Mengajari Anak Menulis yang Menyenangkan
cara mengajari anak menulis

Mak, Sebagai orang renta ketika mengajari anak berguru menulis membutuhkan kesabaran dan cara yang sempurna sehingga anak menjadi suka. Pada ketika mengajari anak menulis hendaknya memaklumi bila anak belum bisa berpikir menyerupai orang dewasa, anak masih bahagia untuk bermain-main. Bagi anak yang tidak ingin belajar, khususnya yang tidak tertarik dengan acara menulis harus di cari solusi dengan menerapkan metode yang sempurna semoga anak tertarik dan bermetamorfosis gemar menulis.  Cara mengajari anak menulis hendaknya diperkenalkan semenjak anak memasuki usia 3 tahun.

Sebelum memperkenalkan dengan acara menulis, sebaiknya anak membuatkan dan mengoptimalkan kemampuan motoriknya. Sebab, acara menulis berkaitan akrab dengan kemampuan motorik halus anak. Salah satu indikator motorik halus anak berkembang ialah kemampuan anak untuk memegang alat tulis secara baik dan benar.

Pada proses mengajari anak menulis diharapkan tahapan sesuai dengan usia dan kemampuannya dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Dalam proses mengajari anak menulis juga dihentikan ada unsur pemaksaan. alasannya ialah pemaksaan akan menyebabkan anak takut sehingga enggan untuk berguru menulis.

Dalam melatih anak untuk berguru menulis juga berkaitan dengan membaca. Sebab, bagaimana bisa menulis jika anak tidak bisa membaca. Tapi jika untuk sekedar meningkatkan kemampuan motorik halus anak, mak bisa memperkenalkan konsep-konsep menulis kepada anak. Dan tetap dilakukan dengan sabar dan penuh kasih sayang.


Ada beberapa tips yang bisa mak super lakukan untuk melatih serta mengajari anak menulis, yaitu:

Menulis Secara Bayangan


Inilah awal anak mengenal pelajaran menulis, training pertama ini dinamakan menulis bayangan. Latihlah anak dengan menciptakan garis vertikal atau horizontal. Arahkan pensil yang dipegang anak dengan menciptakan garis secara bayangan yaitu garis ke samping atau ke atas. Lakukan proses berguru ini hingga Anak lancar dan alhasil terlihat lurus.

Belajar mencoret-Coret


Sediakan kertas kosong, bisa buku gambar, kertas hvs atau buku tulis. Biarkan anak berkreasi dengan pensilnya. Biarkan anak berimajinasi dan menuangkannya semua imajinasinya ke kertas. Kalau proses ini sudah mulai rutin, anak akan menceritakan imajinasi apa yang digambarnya. Mak sebagai orang renta harus memperlihatkan apresiasi konkret terhadap apa yang di hasilkan anak. Tujuan dari mencoret-coret ini ialah semoga anak lebih terampil dalam memakai pensil sehingga sanggup melatih koordinasi antara otak dan tangan anak.

Menebalkan Garis


Sebelum masuk pada tahap menulis huruf, sebaiknya awali pelajaran anak dengan menebalkan garis baik secara vertikal maupun horizontal. Biarkan anak menebalkan atau menyambungkan garis-garis tersebut. Berilah apresiasi terhadap hasil berguru anak, ini akan membuatnya merasa di hargai dan siap untuk berguru selanjutnya.

Menebalkan Huruf


Bila anak telah lancar menebalkan garis, tahap selanjutnya mak bisa menambahkan bahan menebalkan huruf. Supaya lebih simpel dan lebih manis hasilnya, mak bisa memberi buku yang berisi aksara putus-putus yang dijual di toko buku. Bila ingin membuatnya sendiri juga tidak mengapa, bisa berupa goresan pena tangan ataupun memakai komputer. Dan jangan lupa untuk memperlihatkan apresiasi terhadap hasil berguru anak.

Demikian tahapan tips cara mengajari anak menulis yang menyenangkan. Penting untuk di catat bahwa tahapan-tahapan di atas dihentikan di lakukan secara acak.harus sesuai urutan menyerupai di atas dan juga sesuaikan kapasitas anak jangan memaksanya. Karena mengajari anak menulis membutuhkan tahapan-tahapan dan apa yang sudah di bahas di atas telah sesuai dengan perkembangan anak. Semoga tips ini bisa bermanfaat ya mak.


Belum ada Komentar untuk "Tahapan Cara Mengajari Anak Menulis Yang Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel