Pengertian Angel Investor Dan Perannya di Dunia Usaha


Banyak orang yang percaya bahwa melakukan suatu cara investasi merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan masa depan. Kenapa bisa disebut demikian? Karena dengan melakukan suatu investasi maka kita dapat menambah dana yang telah kita tanamkan. Sehingga di masa depan kita akan menjadi lebih aman dan tentram. Dengan adanya hal tersebut maka tidak diragukan lagi bahwa saat ini di Indonesia ada begitu banyak produk-produk investasi yang ditawarkan. 

Salah satunya yaitu berbagai produk dari Amartha. Bagi Anda para investor baru perlu berhati-hati ketika memilih mitra bisnis. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik dan benar. Anda harus memilih produk investasi yang sekiranya memiliki sedikit resiko. 2 produk investasi yang dipercaya memiliki resiko investasi yang sangat minim yaitu deposito dan peer to peer atau yang kemudian disingkat menjadi P2P. 

Namun bagi Anda yang pernah melakukan suatu investasi sebelumnya pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Angel investor. Mungkin yang terbayang di benak Anda Angel investor adalah sosok seorang investor dengan pakaiannya yang mirip dengan malaikat berjubah. Namun apakah benar bahwa definisi Angel investor seperti itu? Lalu apa perbedaannya Angel investor dengan Para investor yang lainnya? Angel investor yaitu mereka yang merupakan penyedia dana atau investor. Biasanya para Angel investor ini menyediakan dana dalam bentuk penyertaan saham bagi mereka yang sedang memulai usaha. 

Hal ini biasanya berlaku karena lembaga keuangan formal seperti contohnya bank, modal ventura, ataupun lembaga keuangan formal yang lainnya belum ataupun tidak bisa memberikan permodalan atau pinjaman dana sebelumnya. Dari angel investor ini maka selain memberikan bantuan modal awal berupa dana mereka juga akan memberikan bantuan yang berwujud suatu bentuk bimbingan manajemen dan juga bisnis. Hal ini bertujuan agar mereka dapat membantu memberikan ide bisnis yang lebih baik. Namun tidak hanya sebatas ide saja dan bisa direalisasikan serta dikembangkan dalam kehidupan nyata. 

Namun apakah mereka para investor informal atau yang lebih dikenal sebagai Angel investor ini hanya semata-mata memberikan bantuan tanpa mendapatkan keuntungan? Tentu hal tersebut tidaklah benar karena para penyandang dana malaikat yang menyuntikkan modal bagi mereka para pengusaha pemula akan biasanya mendapatkan suatu bentuk imbalan berupa ekuitas kepemilikan atau bisa juga hutang konversi. 

Biasanya para investor benih ini akan membentuk suatu jaringan investor malaikat dengan melakukan penanaman modal atau disebut investasi melalui suatu bentuk platform investasi. Biasanya mereka melakukannya secara online salah satu contohnya yaitu FinTech. Bagi Anda yang ingin memulai menanam modal investasi jangka pendek bisa menjadi salah satu pilihan. Ini didasarkan pada durasinya karena hanya berkisar kurang dari 1 tahun. Sehingga investasi online ini bisa Anda gunakan untuk membiayai kebutuhan jangka pendek Anda. Salah satu bentuknya yaitu berupa deposito Syariah dan raksadasa pasar uang.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Angel Investor Dan Perannya di Dunia Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel