6 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Fisioterapi di SehatQ



Fisioterapi atau terapi fisik merupakan salah satu perawatan yang dilakukan untuk mengobati berbagai penyakit terutama cidera fisik. Dalam praktiknya, ada gerak mekanis yang dilakukan oleh fisioterapis bertujuan untuk memperbaiki fungsi fisik dari pasien. Pengobatan ini bisa membantu pasien sembuh dari cedera yang dialami sekaligus mencegah adanya cedera lanjutan.

1. Cedera Sendi

Penyakit yang paling sering diobati melalui metode terapi fisik adalah cedera sendi yang sering terjadi pada banyak orang. Cedera ini biasanya diobati menggunakan pijatan dan tekanan tertentu pada bagian sendi pasien.

Ada juga terapi yang menggunakan instrumen suhu dalam prosesnya sehingga bisa menggunakan panas ataupun dingin. Masalah sendi bagian tulang belakang bisa diatasi dengan terapi fisik yang akan menguatkan bagian inti tulang.

2. Arthritis

Selain cedera yang terjadi pada sendi, ternyata sendi juga bisa mengalami radang yang menyebabkan rasa sakit luar biasa. Penyakit ini bisa membuat sendi menjadi kaku dan kesulitan melakukan fungsinya dengan baik.

Untuk penyakit osteoarthritis sendiri, dilakukan pengobatan menggunakan metode pijatan tertentu dikombinasikan dengan ultrasound serta panas. Ada juga latihan menggunakan metode berendam di air hangat untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi.

3. Sakit Kepala

Ketika ada otot yang kaku pada bagian leher atau pundak biasanya seseorang akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tidak stabil sehingga mempengaruhi volume darah yang masuk ke otak.

Rasa sakit di kepala bisa dikurangi menggunakan terapi fisik dengan memijat bagian-bagian tertentu pada tubuh. Fisioterapis nantinya akan menentukan bagian mana yang terdapat masalah kemudian melakukan terapi di bagian tersebut.

4. Gangguan Sistem Saraf

Penyakit selanjutnya yang bisa diobati menggunakan metode fisioterapi yaitu ketika ada masalah pada bagian saraf. Beberapa penyakit yang terjadi akibat terganggunya saraf seperti gejala stroke, Parkinson, hingga multiple sclerosis.

Ketika penyakit tersebut diindikasikan perlu mendapat perawatan dari fisioterapis, maka perlu segera dilakukan. Terapi ini hanya akan mengurangi gejala yang timbul seperti terganggunya kemampuan berbicara, gangguan fungsi tubuh, serta meringankan nyeri.

5. Gangguan Pernapasan

Selanjutnya penyakit yang bisa diringankan melalui terapi fisik yaitu gangguan pernapasan yang mengganggu. Beberapa penyakit mulai dari asma hingga penyakit paru kronis akan dipertimbangkan untuk memperoleh terapi fisik ini.

Tidak hanya perawatan fisik mulai dari pijatan atau terapi suhu yang dilakukan oleh fisioterapis tetapi juga pengetahuan lainnya. Pasien bahkan akan diajarkan bagaimana cara mengatur napas yang benar supaya pernapasan bisa lebih lancar.

6. Cedera Tulang

Ketika terjadi cedera pada tulang biasanya akan menimbulkan rasa sakit luar biasa disertai penyesuaian lagi agar bisa kembali normal. Cedera pada tulang misalnya pada amputasi memerlukan penyesuaian agar pasien bisa terbiasa dengan bagian yang dipotong. Cedera ketika berolahraga juga memerlukan perawatan fisik supaya kembali ke keadaan normal.

Patah tulang juga akan mengakibatkan perubahan struktur pada tulang yang mengharuskan perawatan tertentu. Saat mengalami patah tulang, seseorang tidak bisa langsung bergerak seperti biasa, perlu ada penyesuaian untuk mencegah terjadinya trauma. Fisioterapis akan mengajarkan bagaimana pasien harus belajar membiasakan diri bergerak dengan bebas.

Itulah beberapa penyakit yang bisa dirawat menggunakan terapi fisik untuk gejala yang lebih ringan dan proses penyembuhan. Penanganan professional sebaiknya segera dilakukan ketika terjadi permasalahan seperti di atas, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui SehatQ. Kunjungi juga SehatQ.com untuk mendapat berbagai promo kesehatan menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk " 6 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Fisioterapi di SehatQ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel